NOTULA LOKAKARYA PENINGKATAN KOMPETENSI CALON MAHASISWA INDONESIA DI MESIR

Pada tanggal 08 Maret 2019, OIAA Indonesia telah mengadakan Lokakarya Peningkatan Kompetensi Calon Mahasiswa Indonesia di Mesir, bertempat di Hotel Sofyan, Jakarta. Lokakarya dihadiri  pihak-pihak terkait (stakeholder) yang terdiri dari Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Agama RI, Pengurus OIAA Indonesia, delegasi kantor cabang OIAA, utusan-utusan pondok-pesantren, para alumni Universitas Al-Azhar, dan peserta umum yang sebagian besar siswa-siswi SLTA dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Lokakarya terdiri dari dua sesi utama. sesi pertama berupa pemaparan tentang kebijakan Pemerintah RI terkait kebijakan politik luar negeri RI khususnya di Timur Tengah (Kemenlu RI), dan seleksi calon mahasiswa untuk perguruan tinggi luar negeri, khususnya perguruan tinggi Timur Tengah (Kemenag RI).  Sesi kedua berupa sosialisasi pelaksanaan kursus bahasa Arab (daurah al-lughah al-arabiyyah) di Indonesia bagi para calon mahasiswa Universitas Al-Azhar yang telah lolos seleksi Kementerian Agama RI.

Beberapa topik yang telah dibahas dan disampaikan dalam Lokakarya tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri, senantiasa memberikan perlindungan kepada WNI di luar negeri.
  2. Kementerian Agama akan mengadakan seleksi calon mahasiswa baru khususnya untuk masuk di Universitas Al-Azhar Mesir seperti tahun-tahun sebelumnya. Seleksi akan di adakan di UIN/IAIN dalam waktu dekat ini (menunggu edaran resmi Kemenag RI).
  3. Untuk mendapatkan calon mahasiswa berkualitas yang sesuai dengan standar Al-Azhar, Kemenag RI berencana menaikkan standar minimum nilai kelulusan (passing grade) seleksi nasional calon mahasiswa Uniersitas Al-Azhar menjadi 80. (Keputusan resminya akan ditetapkan dan diumumkan oleh Tim Seleksi Kemenag RI).
  4. OIAA Indonesia telah melakukan MoU dengan Markaz Syekh Zaid di Cairo untuk membuka cabang Markaz di Indonesia yang akan melaksanakan pelatihan bahasa (daurah lughoh) di Jakarta untuk para calon mahasiswa Universitas Al-Azhar.
  5. Para calon mahasiswa Universitas Al-Azhar dari Indonesia yang telah dinyatakan lulus seleksi Kemenag RI dapat memilih untuk mengikuti pelatihan bahasa Arab di Jakarta atau di Cairo dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing berikut konsekuensi-konsekuensi yang telah diketahui bersama.
  6. Untuk melaksanakan pelatihan bahasa Arab di tahun 2019 ini, OIAA Indonesia bekerja sama dengan Pondok Pesantren As-Syafi’iyah Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan pelatihan dengan kapasitas maksimum 750 peserta.
  7. Tenaga pengajar di Markaz Lughah Jakarta adalah guru bahasa yang didatangkan lansung dari Mesir dan guru bahasa dari alumni Universitas Al-Azhar yang telah dinyatakan lulus ToT oleh Markaz Lughah di Mesir.
  8. Biaya Daurah Lughoh di Jakarta adalah US$200 perlevel selama 1 – 1,5 bulan, dan biaya asrama Rp.2.000.000 perbulan yang dikelola langsung oleh Ponpes As-Syafi’iyyah meliputi biaya tempat tinggal, sarana prasarana, dan makan 3 kali sehari.
  9. Kurikulum dan proses pembelajaran Daurah Lughah di Jakarta sama dengan Daurah Lughah di Cairo.
  10. Penetapan level Daurah Lughah ditentukan melalui Tahdid Mustawa (Placement Test) dengan membayar biaya sebesar US$ 70 bagi Calon Mahasiswa Al Azhar yang akan mengikuti daurah lughah di Jakarta.
  11. Perbedaan antara mengikuti Daurah Lughah di Jakarta dan di Cairo adalah Calon Mahasiswa Baru yang mengikuti Daurah Lughah di Jakarta dapat langsung mengikuti perkuliahan di tahun berjalan.
  12. OIAA Indonesia tetap memberikan pelayanan pemberkasan yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya kepada calon mahasiswa baru, baik yang yang ikut Daurah Lughah di Jakarta maupun di Cairo dan senantiasa berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan dan kemudahan bagi Calon Mahasiswa Baru Al Azhar.

 

Jakarta, 8 Maret 2019

OIAA Cabang Indonesia,

c.q. Panitia Lokakarya,

 

Willy Syahruddin, MA

Wakil Sekjen OIAA Indonesia

 

 

 

 

 

 

BERITA KEAZHARAN

IMAGE Al-Azhar Adakan Pembekalan Alumni Bagi Mahasiswa Asing
Wednesday, 03 August 2016
Atdikcairo.org – Wakil Grand Syekh Al-Azhar, Prof. Dr. Abbas Shouman mengumumkan bahwa Al-Azhar akan mengadakan pembekalan intensif bagi para alumninya. Pelatihan selama dua bulan tersebut diadakan khusus untuk mahasiswa asing yang telah menyelesaikan program sarjananya di Universitas Al-Azhar...

Profil OIAA Indonesia

Hubungi Kami

 

Alamat Kantor

Kampus II PSQ Jl. Raya Ring Road Selatan, South City. Pondok Cabe. Tangerang Selatan. Kode Pos 15418

Telpon :+6282260099292
Email : info@waag-azhar.or.id
Website : www.waag-azhar.or.id
  : www.maba.waag-azhar.or.id
   
Go to top